5 Minutes With Jesus: Quiet Time for Your Soul

5 Minutes With Jesus: Quiet Time for Your Soul

IPS tuliskan singkat awal mula kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia​

tuliskan singkat awal mula kedatangan bangsa Spanyol ke Indonesia​

Jawaban:

PADA TAHUN (1521-1529) SEKITAR 8 TAHUN TERSEBUT BANGSA EROPA BERADA DI NUSANTARA,PERTAMA-TAMA BANGSA SPANYOL MASUK KE FILIPINA MELALUI FERDINAND MAGELLAN,BANGSA SPANYOL BARHASIL MENCAPAI KEPULAUAN MALUKU PADA TAHUN 1521 DI BAWAH PIMPINAN KAPTEN SEBASTIAN DEL CANO.SETELAH ITU BANGSA PARA PELAUT-PELAUT SPANYOL BERLABUH ...

Jawaban:

Pada tahun 1521, dua kapal ekspedisi Spanyol sampai di Maluku. Mereka datang dari Filipina dalam pelayaran kembali ke Spanyol melalui Kalimantan Utara. Ketika itu, di Maluku sedang terjadi persaingan antara Ternate dan Tidore.

Untuk mengimbangi kekuatan Ternate yang didukung Portugis, Spanyol mendukung Tidore.Keadaan ini mendapat protes dari Portugis karena dianggap melanggar Perjanjian Saragosa tahun 1528. Selain itu karena kalah kuat, persekutuan Tidore dan Spanyol dapat dilumpuhkan.

Sejak tahun 1543, tidak ada lagi ekspedisi Spanyol ke Indonesia. Berdasarkan Perjanjian Tordesillas, kawasan Maluku hanya boleh dijelajahi Portugis, sedangkan Spanyol hanya sampai di Filipina.

Penjelasan:

Semoga Membantu ^^

[answer.2.content]